Rabu, 08 April 2015

laporan karya tulis JATIM PARK 2





JATIM PARK 2
Diajukan sebagai salah satu persyaratan kelulusan SMA N 1 Kersana
Tahun Pelajaran 2015/2016

Disusun oleh :
1.         Ainun Hindy                      NIS  1313 001
2.         Eva Royanti                       NIS  1313 011
KELAS  : XI MIA 3



PEMERINTAH KABUPATEN BREBES
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 KERSANA
2015


PENGESAHAN

Laporan kunjungan ini diterima dan dsahkan oleh guru pembimbing dan Kepala SMA Negeri 1 Kersana, guna melengkapi salah satu syarat kelulusan di SMA Negeri 1 Kersana Tahun Pelajaran 2015/2016.

Pada hari         :
Tanggal           :



Mengetahui.
Kepala SMA Negeri 1 Kersana                      Pembimbing


Ihdi Amin, M.Pd                                           Puspita, S.Pd
NIP. 19721007 199802 1 002                        NIP.













MOTTO


v  Menunggu kesuksesan adalah tindakan sia – sia yang bodoh.
v  Sejarah bukan hanya rangkaian cerit, ada banyak pelajaran, kebanggaan harta didalamnya.
v   Cara yang terbaik untuk keluar dari suatu persoalan adalah memecahkanya.
v  Kalau hari ini kita menjadi penonton bersabarlah menjadi pemain esok hari.
v  Ceroboh dan tidak bisa menahan emosi adalah sikap yang bisa berakibat fatal.
v  Harapan kosong itu lebih menyakitkan dari pada kenyataan yang pahit sekalipun.
v  Setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah bila dikerjakan tanpa keengganan.
v  Jangan tunda sampai besok apa yang engkau bisa kerjakan hari ini.




















PERSEMBAHAN

Laporan Karya Tulis ini penulis persembahkan kepada :
1.      Ayahanda dan ibunda tersayang yang tidak penah bosan membimbing kami.
2.      Seluruh keluarga tercinta yang senantiasa memberikan semangat.
3.      Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kersana.
4.      Ibu/Bapak Pembimbing Karya tulis
5.      Ibu/Bapak Pembimbing kelas.
6.      Segenap dewan guru SMA Negeri 1 Kersana
7.      Siswa – siswi SMA Negeri 1 Kersana.


























KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat meyelesaikan karya tulis yang berjudul “ laporan Karya Tulis Study Wisata ke Malang, Surabaya Jawa Timur” dengan baik sesuai dengan apa yang kami harapkan. Topik karya tulis yang dibahas adalah kunjungan wisata ke JATIM PARK II dan didalamnya dilengkapi dengan dokumentasi pada obyek tersebut. Karya tulis ini juga merupakan salah satu kelengkapan tugas kami pada tahun ajaran 2015/2016.
Penulis mengucapkan terima kasi kepada yang terhormat :
1.      Bapak Drs. Achmad fatawi, selaku Kepala SMA Negeri 1 Kersana yang telah memberikan izin dalam kunjungan  : JAWA TIMUR PARK II “
2.      Ibu Puspita, S.Pd. selaku guru yang telah memberikan bimbingan dan tehnik penulisan  laporan kunjungan ini dengan baik.
3.      Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang membantu penulisan karya tulis ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusuna karya tulis ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari berbagai pihak demi kesempurnaan karya tulis ini.


Kersana ……… April 2015

Penulis













BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Sering kali kita dengar dengan membaca berbagai media elektonik tentan obyek wisata Jatim Park II di Kota Batu Jawa Timur. Obyek wisata tersebut menawarkan keindahan  dan kenyamanan juga pengetahuan bagi pengunjung. Jawa Timur Park II adalah obyek wisata dengan konsep dasar yang memadukan secara serasi pendidikan dan pariwisata dimana siswa bisa bermain dan belajar sekaligus dalam satu tempat dan waktu. Dari uraian tersebut maka penulis merasa tertarik untuk mengetahui hewan apa sajakah yang tersedia di Jatim Park II Kota Batu Jawa Timur. Sehingga mampu menarik minat ribuan pengunjung untuk datang setiap harinya, karya tulis ini ditulis.

B.       Tujuan Penulisan
Sebagai syarat untuk memenuhi kelulusan sekolah di SMA Negeri 1 Kersana Tahun Pelajaran 2015/2016, siswa siswi kelas XI diberi tugas oleh panitia study wisata untuk menyusun laporan hasil study wisata yang pernah kami kunjungi kemarin di Jawa Timur. Sebagai laporan sekolah mengikuti widya wisata ke kota batu Malang yang telah dilakukan oleh siswa – siswi kelas XI SMA Negeri 1 Kersana dengan memiliki tujuan sebagai berikut :
1.      Memberikan gambaran dan penjelasan tentang Jatim Park II
2.      Menambah wawasan pengetahuan bagi pembaca.

C.      Metode Penulisan
Metode adalah salah satu cara penulis untuk mengamati wisata kemudian mencatat hal yang perlu. Adapun cara yang digunakan untuk memperoleh data dan menyusun karya tulis ini adalah metode study pustaka.
Metode study pustaka adalah metode penelitian dimana penulis mencari buku sumber yang berhubungan dengan obyek yang ditulis dan mencari data – data dari internet.




D.      Sistematika penulisan
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Tujuan Penulisan
C.     Metode Penulisan
D.    Sistematika Penulisan
BAB II JAWA TIMUR PARK I
A.    Museum satwa
B.     Secret Zoo
C.     Sejarah
D.    Fasilitas
E.     Hewan – hewan
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran






















BAB II
JAWA TIMUR PARK II

A.      Museum Satwa
Jatim Park II adalah sebuah wahana wisata baru di Kota Batu, kebanyakan orang mengira Jatim Park II berada di Kota Lamongan. Di Kota Lamongan bukanlah Jatim Park II melainkan WBL ( Wahana Bahari Lamongan ). Jatim Park II sendiri berada di kota Batu berdiri diatas lahan seluas  14 hektar. Obyek wisata ini memiliki 36 wahanas diantaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok dan Empu Gandring), spining coaster, dan Drop Zone. Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian diantaranya adalah volcano dan galeri nusantara yang juga terdapat tanaman argo, diorama binatang langka dan miniatur candi – candi.
Museum satwa yang berada di Jatim Park II Kota Batu, lebih tepatnya di Desa Oro – oro Omba Kematan Batu. Museum satwa ini merupakan wahan edukasi, diaman pengunbjung dapat menilai dan melihat diorama-diorama hewan dari bebagai belahan dunia. Ketika anda pertama kali masuk museum satwa, kita akan disambut sebuah sangkar burung raksasa. Didalam sangkar ini kita dapat berfoto – foto dan didalam sangkar terdapat tanaman bunga , patung burung dan patung buaya.
Museum satwa adalah sebuah tempat rekreasi yang terdapat di Kota Batu, Malang jawa Timur. Obyek wisata ini berada disekitar 20 KM sebelah barat Kota malang dan kini menjadi salah satu icon baru wisata Jawa Timur.  Museum satwa merupakan bagian dari Jatim Park II, mueum ini menyajikan satwa – satwa yang diawetkan dan fosil – fosil purbayang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik dan Antartika. Sesuai dengan tujuan didirikanya yaitu sebagai lambing konservasi ex-situ satwa liar, maka seluruh satwa awetan yang ada dimuseum satwa diperoleh  tidak dengan sengaja diburu tetapi diawetkan dari satwa yang telah mati. Selain it museum satwa juga menyajikan replica satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus Rex, Stegosaurus mammont, dan replica satwa purba lainya. Obyek wisata ini memiliki 4 gedung utama dengan latar belakang gunung pandeiman.
Museum jatim park II merupakanm museum terbesar dan terlengkap dengan koleksi yang menyimpan dan menyajikan museum yang tidak kalah lengkapnya dengan museum singapura seperti hiu putih, kuda nil, badak, harimau, singa putih, macan, kijang afrika, berbagai reftil koleksi museum satwa ini berasal dari berbagai Negara.

B.       Secret Zoo
Kota Batu memiliki sebuah kebiun binatang  baru yang bireni nama Secret Zoo, lokasi Secret Zoo ini sendiri satu komplek dengan Museum, yaitu di Jawa Timu park II Kota Batu. Meskipun ini adalah kebun binatang yang baru saja di Lounching akan tetapi memiliki koleksi satwa yang langka dan tidak kalah bagusnya dengan kebun binatang luar negeri. Kebun binatang ini pun berskala internasional.
Batu secret zoo adalah sebuah alternatif tempat hiburan keluarga di Malang Jawa Timur yang lengkap fasilitasnya. Dibangun diatas tanah seluas 14 Ha, kebun binatang ini mampu member beragam sarana edukasi dan rekresi bagi keluarga. Berbagai koleksi binatang lengkap, mulai dari wahana batu zoo A yang dihuni oleh berbagai jenis primate, unggas, reftil, landak dan kasuari. Bahkan sepasang merak putih yang langka terdapat dalam kandang raksasa bersama. Berbagai macam ratusan jenis ikan yang indah sekaligus jarang dilihat secara langsung, melengkapi koleksi kebun binatang ini.
Kemudian atraksi memancing harimau putih dengan ayam yang dilakukan diatas kandang sang harimau langka tersebut, sangat mendebarkan para pengunjung, apalagi lantai ini dibuat dari kaca tebal sehingga memungkinkan meeka berada didekat dengan pertunjukan tersebut. Tidak hanya harimau putih, singa putih pun ada dalam Koleksi Batu Secret Zoo, kandang binatang – binatang buas itupun tidak dipagar jeruji besi melainkan kaca – kaca tebal yang memungkinkan pengunjung melihat dari dekat tanpa takut terluka. Jika lelah berjalan, karena memang rute tur keliling kebun binatang ini sangat panjang, maka ada E-Bike atau semacam kursi roda listrik yang biasa disewa dengan tarip sebesar Rp. 100.000. selama 3 jam. Adapun wahana  bermain lengkap dengan waterpark, serta komedi putar dan rumah hantu yang kesemuanya bisa dicoba secara gratis.

C.      Sejarah
Kebun binatang batu mulai dibangun akhir tahun 2008 bersamaan dengan Jawa Timur Park II dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yodoyono pada tahun 2010.

D.      Fasilitas
Batu Secret Zoo memiliki berbagai jenis binatang dari seluruh belahan dunia, seperti singa afrika, gajah dari Sumatra, dan lain sebagainya, juga terdapat giant whel, log flume, kid zone, river adventure dan lain- lain. Sebagai Fasilitas dan tempat bermain untuk pengunjung.
1.    Batu Secret Zoo A
Batu karang sirip – hitam dibatu secret zoo menampilkan berbagai macam koleksi yang dibentuk sesuai dengan habitatnya disini terdapat reptil golden, flying lemur, aquarium, rumah bagi hewan – hewan. Batu secret zoo membuat seluruh hewan ini dengan tema agar menarik perhatian para pengunjung.
2.    Savannah
Savannah adalah sebuah terowongan berdinding kaca, para pengunjung dapat menyaksikan ekosistem dari hewan – hewan afrika, seperti  giant sable antelope, scimitar-hone doryks, zebra dan para hewan berkuku lainya. Para pengunjung juga dapat mencari informasi dari layar sentuh yang sudah dipasang diterowongan.
3.    Kampung Afrika dan gajah
Dikampung afrika pengunjung disuguhi dengan para hewan kecil seperti mirkat, marmot, kelinci, dan lain sebagainya. Terdapat café yang dibuka untuk beristirahat dan petugas yang menjaga dikandang gajah. Pengunjung dapat member makan dan menyaksikan kehidupan bayi
4.    Elang
Elang adalah rumah bagi elang – elang yang diadopsi (dibeli) oleh pihak kebun binatang, para pengunjung yang masuk ke rumah elang ini akan dapat menyaksikan kehidupan elang, berbagai spesisnya dan status konservasinya dengan dipandu oleh petugas, penunjang dapat berjalan sambil melihat berbagai jenis elang  yang sudah diadopsi oleh kebun binatang.
5.    Kuda Nil dan Buaya
Pengunjung yang datang ke kolam buaya dan kuda nil ini dapat menyaksikan kehidupan kuda nil, habitat makan dan cara bergeraknya. Pada jam tertentu kuda nil akan diberi makan roti, sayur dan buah – buahan dan pengunjung juga ikut memberi makan kuda nil, pengunjung juga dapat melihat buaya dan menyaksikan aktivitas buaya.


6.    Fantasi Land
Arena permainan yang cukup luas, yang membuat anak – anak dapat bermain gembira disana, pengunjung yang lelah dapat beristirahat di cafetaria yang ada disebelah fantasi land, pada fantasi land ini terdapat kolam renang anak – anak yang diberi ember raksasa dan juga air mancur.
7.    Rever Adventure
Menaiki perahu mesin ini sungguh mengasikan dengan melihat orang hutan yang tinggal dipulau ini. Pengunjung juga akan melewati bahtera huh dan pulau – pulau.
8.    Feeding Bird
Batu secret Zoo menyediakan fasilitas member makan burung di feeding bird
9.    Tiger Land
Species harimau Siberia yang ada disecret zoo pengunjung mencintai harimau akan terasa disurga dengan melihat berbagai macam tiger land, kandang harimau – harimau ini dibuat bertema dengan informasinya juga, sehingga ini nterdapat singa putih pertama di Indonesia.
E.       Hewan – hewan
1.      Mamalia
2.      Burung
v  Burung Nuri
v  Scarket Iblis
v  Caribbean Flamingo
v  Greater Flamingo
3.      Ikan
v  Hiu Karang sirip hitam
v  Ikan laut
v  Ikan air tawar
4.      Reftil dan Amfibi
v  Buaya nil
v  Kura – kura
v  Salamander
v  Axoliti
v  Penyu



BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi karunia yang sangat besar sehingga penulis bisa melihat semua dan dapat berkunjung ke tempat wisata di Jawa Timur sehingga penulis menulis karya wisata ini dengan baik, dengan adanya pembuatan ini kami dapat memperoleh manfaat yang akan kami jadikan pelatihan di perguruan tinggi nantinya. Sehingga dalam pembuatan karya tulis merupakan pelatihan bagi kami semua serta dalam pembuatan karya tulis ini membuat kami lebih terampil dan bertanggungjawab menyelesaikan tugas yang telah kami simpulkan bahwa obyek ini mempunyai potensi dan manfaat dalam berpartisipasi pada pembangunan khusunya pendidikan. Kami selaku siswa senang Karen disetiap tempat yang penulis kunjungi mempunyai keistimewaan tersendiri.
B.       Saran
Untuk pihak pengelola disetiap obyek wisata masih terdapat beberapa keadaan dan persana yang diperlakukan sebagai pengunjung objek tersebut.  Adanya buku- buku petunjuk dari objek itu sendiri yang memuat keterangan tentang objek tersebut, sejarah didirikannya, aturan- aturan yang harus dipatuhi dan lain- lain.
















Daftar Pustaka
infobatumalang.blogspot.com/2010/08  
id.wikipedia.org/wiki/jatim-park/museum-satwa
underfinedserenity.blogspot.com/2013
foursquare.com/v/museum.satwa/4cle5








   

  



















LAMPIRAN





https://irfanandi08.files.wordpress.com/2011/05/jatim_park_2_01.jpg
 



http://www.malang-guidance.com/wp-content/uploads/2012/08/Museum-Satwa-jawa-Timur-Park-2.jpg
 
 














JATIM PARK 2












MUSEUM HEWAN





http://outbounddimalang.com/wp-content/uploads/2011/12/100_8516OP.jpg
 
 












MUSEUM HEWAN




http://indoturs.com/wp-content/uploads/2013/07/beruang-awetan.jpg
 
 












MUSEUM HEWAN




http://obyekwisataindonesia.com/wp-content/uploads/2013/03/jatimpark2_harimau-putih.jpg
 
 












MUSEUM HEWAN



http://semarangkota.com/wp-content/uploads/museum-satwa-jatim-park-2-03.jpg
 
 












MUSEUM HEWAN



1 komentar:

  1. 2xbet korean – Review and advice from our experts
    2xbet korean septcasino – Review and advice from our experts. ⚽ We found 바카라 out what is the most important information 1xbet about this site.

    BalasHapus